Pages

Rabu, 20 Oktober 2010

Atiek CB one of My Favorit singer

ATIEK CB
Tempat/tgl lahir : Kediri, 25 Mei 1964



MENGAPA ATIEK CB ?
Karena Atiek CB menurut hemat saya adalah salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki karakter yang kuat, baik dari segi vokal, penampilan maupun kepribadian. Selain itu dengan rentang karir yang cukup panjang, dia banyak mengeluarkan album, dan hampir dari setiap albumnya (baik itu album solo atau kolaborasi dengan artis lain) selalu melahirkan lagu HITS.
VOKAL
Warna vokalnya khas dan cukup flexibel, karena bisa menyanyikan lagu sweet pop, pop kreatif atau pop dengan sentuhan rock dengan sama baiknya. Bahkan dia juga cukup baik dalam melagukan lagu dengan balutan jazzy. Warna vokal Atiek sangat khas & unik : sexy dan sensual, namun ada power-nya. Ini yang membedakan dia dengan artis2 penyanyi wanita lainnya.
PENAMPILAN
Dari segi penampilan, Atiek juga sangat gampang dikenali, yaitu dengan trademark kaca mata hitam yang selalu dikenakannya. Kalau dicermati dari cover albumnya, kebiasaan Atiek menggunakan kaca mata hitam ini sudah dimulai sejak album TRANSISI (1984).
KEPRIBADIAN
Atiek termasuk salah satu artis yang sepi gossip, kecuali saat perceraiannya dengan mantan personil Trio Libels, Ronnie Sianturi dan pernikahannya dengan lelaki bule Laurent Smith. Salah satu penyebabnya mungkin adalah sikap tertutup Atiek terhadap pers, terutama yang menyangkut kehidupan pribadinya. Di luar itu, Atiek adalah pribadi yang ceplas-ceplos, bahkan kadang suka terdengar "asal jawab" bila ditanya wartawan, namun hal ini tak lebih adalah dampak keluguan seorang Atiek. Dia adalah pribadi yang apa-adanya, tidak neka-neko, tidak haus popularitas seperti artis2 jaman sekarang. Satu fakta yang membuat saya menaruh simpati terhadap Atiek adalah saat perceraiannya dengan Ronnie Sianturi. Mungkin banyak yang tidak tahu apa penyebab perceraian mereka saat itu. Ini tak lepas dari sikap dewasa seorang Atiek CB yang tidak mau membeberkan sisi kelam suaminya saat itu. Dia pernah mengalami kekerasan selama rumah tangganya dengan Ronnie. Kalau lagi ribut, tidak saja kata2 kotor yang keluar dari mulut Ronnie, namun juga kekerasan fisik. Bahkan pernah, karena belum merasa siap memiliki anak, Ronnie meminta Atiek untuk menggugurkan kandungannya. Merasa tidak kuat akhirnya Atiek memutuskan bercerai. Tapi selama ini pers tidak pernah bisa mengungkap sisi gelap perkawinan mereka. Ini tidak lain karena sikap Atiek yang tidak mau membeberkan aib suaminya sendiri. Tidak seperti artis sekarang yang belum apa-apa sudah siap mengundang infotainment, saling cari dukungan, kemudian saling menghujat. Bleghhhhh....
Kalau saja seorang Ronnie Sianturi (yang akhirnya sadar) tidak pernah membeberkan kisahnya sendiri dalam sebuah kesaksian rohani, mungkin kisah ini pun akan terkubur seiring berakhirnya perkawinan mereka.
RENTANG KARIR
Dengan rentang karir yang cukup panjang, banyaknya album yg dirilis (walau sebagian besar bukan murni album, melainkan, satu atau dua lagu yang dirilis bersama hits2nya terdahulu), dan sebagian besar lagunya menjadi hits, maka tidak salah kalau Atiek dikategorikan sebagai salah satu penyanyi wanita terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Paling tidak dia sudah teruji waktu. Tidak banyak artis yg bisa memiliki rentang karir cukup panjang.
Seiring waktu, pengalaman bermusik Atiek pun semakin bertambah. Dari musisi A Riyanto, Bartje Van Houten, Cecep AS, Oddie Agam, Erwin Gutawa, , Adjie Soetama, Youngky Soewarno, Dian PP & Deddy Dhukun, KLA Project bahkan sampai generasi baru macam Thomas Ramdhan (Gigi) sampai Dewiq & Pay, semua pernah berkolaborasi dengan Atiek.
Kejelian Atiek dalam memilih musisi dan lagu pun layak diapresiasi. Cecep AS dulu mungkin belum populer saat hits RISAU (dari album Transisi) meledak (mungkin karya Cecep yg populer saat itu hanya Tirai-nya Rafika Duri). Namun sejak lagu RISAU meledak, karya Cecep AS mulai banyak bermunculan, bahkan beberapa hits Atiek berikutnya adalah karya Cecep AS.
Kemudian di album TRANSISI, Atiek sudah berani berkolaborasi dengan seorang Erwin Gutawa, yang saat itu masih merintis karier. Saat KLA Project masih merajai musik Indonesia, Atiek pernah berkolaborasi lewat lagu INILAH SAYA (dari album DIA). Namun warna musik yang diusungnya agak berbeda, yaitu pop dengan sentuhan blues. Personally, ini adalah lagu Atiek CB yang paling favorit. Dengar saja vocalnya di lagu tsb, begitu hidup dan unik..apalagi suara tertawanya yg dipadukan dengan vokal latar Lilo, membuat lagu itu semakin "Atiek".
Lagunya pun sempat menjadi hits. Karena sering diingatkan oleh seorang teman MP, yg kebetulan sangat menyukai lagu ini, mungkin perlu dituliskan juga bahwa lagu INILAH SAYA sempat menduduki posisi jawara di Jenjang Tembang majalah "HAI" yg saat itu cukup bisa menjadi barometer musik, selama 5 minggu berturut-turut. Suatu pencapaian yang sulit didapat lagu lain, mengingat ketatnya persaingan antar lagu di Jenjang Tembang saat itu.
Di tahun 1999, lewat album "AKU JADI AKU", Atiek bahkan mengawinkan seorang Ahmad Dhani (dulu belum menyebalkan seperti sekarang) dengan seorang Melly Goeslaw, leawt lagu yang berjudul sama dengan albumnya. Sepertinya ini adalah satu2nya kolaborasi antara Dhani dan Melly. Masih kurang? Di tahun 2001, lewat album "JANGAN TINGGALKAN", Atiek menjadi salah satu artis yang pertama kali berani membawakan lagu ciptaan Dewiq - yang saat itu juga belum populer - sebagai lagu hits andalannya, yaitu lagu KAU SELALU BENAR. Sayangnya album ini sekaligus menjadi album terakhir seorang Atiek CB. Semoga suatu saat nanti Atiek bisa merilis album lagi.


Berikut ini link download lagu2 nya atiek CB MONGGO DI KLIK YA......

Antara anyer dan Jakarta 
Berhentilah 
Benci Sendiri
KAU ADA DIMANA
Sampai Sekian 
Kau Selalu Benar 
Dia 
Kau Masih Disana 

3 komentar:

wide_angle mengatakan...

artikel yang sangat bagus..uraian yang akurat dan komplit tentang atiek cb, dengan bahasa yang baik..hanya satu yang tidak logis, tidak fair, dan dikoreksi dari artikel ini..yaitu pendapat bahwa kekerasan dalam rumah tangga (kdrt) sebaiknya dipendam, jangan dibeberkan..perempuan yang mengalami kdrt justru harus berani dan segera mengungkap dan melaporkan kekerasan yang menimpanya..kdrt berbahaya dan kriminal..bisa menyebabkan trauma, cacat, bahkan kematian..jika mengungkapkan kdrt sesuatu yang salah dan tidak perlu dilakukan, maka logikanya pengakuan ronnie sianturi dalam sebuah kesaksian rohani juga merupakan suatu hal yang salah..kdrt harus dilaporkan dan dihentikan..korban berhak dan perlu melaporkannya..bukan menunggu sampai pelaku kekerasan sadar sendiri dan mengungkapkannya dalam kesaksian rohani

bebe mengatakan...

she's my favorite singer of all time too!!!

deux mengatakan...

Ronny Sianturi - SUDIKAH KAMU
https://www.youtube.com/watch?v=fAWcm78CSuE

Posting Komentar